Home » » Bel Sekolah

Bel Sekolah

Dari situ saya terketuk untuk membuat sebuah program yang berfungsi untuk menjalankan file audio secara otomatis. Bahkan untuk hari jum'at yang biasanya sekolah memiliki waktu berbeda dari hari-hari biasa. Program aplikasi tersebut dapat berjalan dengan menggunakan Windows XP SP2. Untuk windows versi kebawah saya pastikan tidak akan bisa berjalan. Namun untuk windows vista saya belum pernah mencoba. Tolong sharing pengalaman yah... Untuk menggunakan program tersebut, dapat anda download secara GRATIS di SINI.
Saya menggunakan software Visual Basic 6.0 dengan database handal dari Microsoft Access. Dan karena itu, saya tuliskan pula disini tutorial untuk menjalankannya.
Cara Penginstalan :
1. Buka file yang baru didownload dengan menggunakan winzip atau winrar. Cari file dengan nama setup.exe dan buka file tersebut.
2. Tekan OK untuk memulai penginstalan
3. Klik icon seperti gambar disamping.
4. Klik continue untuk melanjutkan instalansi. Bila anda ingin merubah directory, maka rubah directorynya terlebih dahulu.
5. Klik OK untuk mengakhiri instalansi program

Tutorial cara menggunakan program
1. Klik START dan pilih all programs. Lalu klik Bel Sekolah yang baru saja anda tambahkan
2. Akan muncul dipojok kiri atas monitor tampilan seperti gambar disamping. Hal ini menandakan bahwa program telah berjalan dengan baik. Di sana anda akan melihat 2 icon. Icon yang atas berfungsi untuk menutup program aplikasi. Sedang icon yang bawah berfungsi untuk mensetting jam dan file mp3.
3. Sekarang kita akan mencoba mensetting nya.
4. Di sana anda akan melihat 2 tab yang bisa kita fahami karena menggunakan bahasa ibu kita. Yaitu Tab Pergantian Jam yang akan menjalankan file MP3 dan Pesan tambahan untuk menampilan pesan yang anda inginkan untuk mengingatkan anda.
5. Untuk memasukkan atau menambah settingan. Klik Tambah dan isikan Jam Pergantian dengan format hh:mm (contoh 03:30).
6. Tekan tanda ... yang ada disamping Bel Pergantian untuk memilih file MP3 yang akan digunakan.
7. Anda bisa mencobanya terlebih dahulu dengan menekan coba bel.
8. Untuk sementara ini, keterangan hanya berfungsi untuk bel hari jum'at saja. Sehingga bel yang diberi keterangan Jum'at tidak akan dijalankan di hari-hari lain. Melainkan di hari jum'at saja.
9. Untuk Pesan tambahan bisa anda coba sendiri karena mudahnya program dan tambahan bahasa indonesia agar dapat kita fahami secara mudah.

Aplikasi ini telah dicoba di Yayasan Miftahul Huda Kepanjen dan dapat berjalan dengan baik hingga saat ini. Semoga aplikasi ini dapat membantu menghilangkan rasa bosan kita dengan bunyi bel sekolah yang itu-itu saja sehingga dapat memacu keinginan siswa dalam berangkat sekolah.
Untuk pesan dan kritikan sangat saya nantikan. Kasih komen yah...

0 Komentar:

Posting Komentar

Komentar Dan Pertanyaan Anda disini:

Featured Video

Setting   Gratis  Daftar   Kontak  


Lantunan Syaikh Hani' Ar-Rifa'i